sistem permodelan - rizka

Teknik Industri

Ads Here

07 June 2013

sistem permodelan

TUGAS PERMODELAN SISTEM
SISTEM DARI PEGADAIAN


OLEH:
RIZKA SAFITRA
D 221 10 253

PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI
JURUSAN MESIN FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS HASANUDDIN
MAKASSAR
2013


Perkembangan teknologi dan sistem informasi pada saat ini menempati peranan utama dan sangat dibutuhkan oleh suatu perusahaan atau organisasi. Hal ini diwujudkan dengan penggunaan komputer sebagai alat bantu yang mampu menyimpan dan mengolah segala macam data secara cepat, tepat dan akurat. Seiring dengan perkembangan tersebut, suatu perusahaan atau organisasi dituntut untuk dapat meningkatkan kualitas sistem informasi agar bisa bersaing dalam era globalisasi. Untuk meningkatkan kualitas dari sistem informasi tersebut, penggunaan teknologi informasi yang optimal akan menunjang efisiensi dan efektivitas kerja, sehingga dapat menghasilkan keluaran yang akurat.
Pegadaian merupakan suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang pengkreditan atas dasar gadai. Pegadaian berfungsi untuk mengupayakan pelayanan yang semakin baik kepada rakyat kecil dan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi pembangunan ekonomi mereka.
1. Sistem
       Sistem yang akan ditinjau adalah Pegadaian, Ditinjau sebagai suatu sistem yang melayani konsumennya dengan pelayanan pegadaian yang diberikan pada nasabah dalam sebuah lingkungan yang membutuhkan asuransi kesehatan, pendidikan, dan kecelakaan, dan lainnya.

2. Observer
       Peneliti sistem ini adalah diposisikan sebagai penggunajasa pegadaian.
3. Purpose
Tujuan dari pengguna pegadaian adalah untuk mendapatkan  pelayanan adanya sejumlah uang yang diperoleh ketika Terdapat barang-barang berharga yang digadaikan, Nilai jumlah pinjaman tergantung nilai barang yang digadaikan, Barang yang digadaikan dapat ditebus kembali
4. Environment
a. Pesaing penyedia jasa pegadaian  yang lain
b. Kebijakan persatuan pegadaian nasional
c. Kebijakan pemerintah dalam penggunaan software asli (lisence menggunakan program aplikasi yaitu Microsoft Borland Delphi 6 dan Microsoft SQL Server 2000.

5. Hierarchy




                        “ STRUKTUR ORGANISASI PERUM PEGADAIAN”

6. input
       Konsumen( nasabah) pengguna pegadaian, dalam hal ini adalah kuantitas sesuai dengan jenis barang yang digadaikan.
Kelebihan perusahaan pegadaian dibandingkan dengan lembaga keuangan bank atau lembaga keuangan lainnya:
·  Waktu relatif singkat untuk memperolah uang;
·  Persyaratan yang sederhana;
·  Pihak ketiga tidak mempermasalahkan uang tersebut akan digunakan untuk keperluan apa.

7. Output
            Kepuasan pengguna PERUM pegadaian, kepuasan ini diukur oleh jumlah uang yang diperoleh ketika telah melakukan transaksi pegadaian.

8.Component
a. Komputer, komputer ini berkenaan dengan spesifikasi dari computer yang     digunakan untuk mengolah data dari nasabah.
b. Konsumen( nasabah), dari segi kuantitas dan kualitas.
c. Provider pengeolah atau mesin pengkurs ( penaksir) harga yang sesuai dengan barang yang digadaikan.


9. Relationship
a. Hubungan penggunaan PERUM pegadaian  yang menggunakan internet dengan provider yang memiliki kecepatan pelayanan  tertentu, jika pembagian tugas  karyawan  tersebut banyak maka semakin banyak nasabah akan  cepat selesai dikerjakan dan secara tidak langsung pekerjaan  pun cepat diselesaikan.
b. Software yang digunakan berhubungan dengan komputer (dalam hal ini spesifikasi computer yang dipakai), akan menyebabkan akselerasinya menjadi cepat atau lambat tergantung pada software yang digunakan dalam hal ini PERUM pegadaian  menggunakan program aplikasi yaitu Microsoft Borland Delphi 6 dan Microsoft SQL Server 2000.
c. Fasilitas yang digunakan berpengaruh kepada keoptimalan kerja karyawan, misalkan kondisi ruangan yang dengan AC atau tidak mengunakan AC.
d. Hubungan antara lingkungan misalkan pesaing pegadaian  lain berkenaan dengan kecepatan pelayanan , banyaknya sejumlah uang yang diperoleh kitika melakukan transaksi .Hal ini juga untuk kebijakan PERUM pegadaian  nasional berkenaan dengan pembebanan biaya yang dikenakan ke nasabah  serta provider yang direkomendasikan serta peraturan yang harus ditaati. Hubungan dengan pemerintah yang mengeluarkan kebijakan tentang Izin Pendirian Cabang PERUM pegadaian ,menyebabkan kebijakan penggunaan software yang dipakai dikomputer.

e. Hubungan  antara  jenis barang yang digadaikan dengan jumlah uang yang bisa diperoleh dari barang yang digadaikan tersebut.

No comments: